Tuesday, January 22, 2019

Dampak Teori Uses And Gratification

Secara spesifik, teori uses and gratification membawa sudut pandang pengguna sebuah media yang bertolak belakang dengan sudut pandang eskpos terhadap khalayak yang biasa digunakan dalam memahami penggunaan sebuah media. Dengan kata lain, Teori uses and gratification dapat memberikan sudut pandang dari pengguna sebuah media seperti internet., kumpulan teori , uses and gratification theory, agenda setting theory, cultivation theory, coordinated management of meaning theory, social contruction, symbolic interactionism, atribution theory ... Teori ini dapat memiliki dampak pada pemirsa TV, dan dampak tersebut akan berdampak pula pada seluruh budaya kita. Gerbner dan Gross (1976 ..., Teori uses and gratification merupakan lawan dari teori peluru. Jika dalam teori peluru, khalayak dikendalikan oleh media, maka dalam teori uses and gratification ini khalayak bisa mengontrol media. Dalam teori ini pada dasarnya menggunakan media massa berdasar motif-motif tertentu., Bersama dua koleganya, Jay Blumler dan Michael Gurevitch, Katz mengembangkan gagasan ini hingga terciptalah teori uses and gratification yang berpengaruh besar terhadap studi-studi mengenai perilaku khalayak dan dampak media massa hingga saat ini. Pengembangan teori ini tetap tidak meninggalkan gagasan dasarnya yakni, khalayak bersifat aktif., Pendapat lain mengenai definisi Uses and Gratifications adalah Teori Penggunaan dan Pemenuhan Kebutuhan yang dalam Bahasa Inggrisnya Uses and Gratification Theory adalah salah satu teori komunikasi (massa) dimana titik berat penelitian dilakukan pada pemirsa atau khalayak sebagai penentu pemilihan pesan dan media. [1], 09/05/2014  · Kemudian dalam teori uses and gratification ditekankan bahwa audience itu aktif untuk memillih mana media yang harus dipilih untuk memuaskan kebutuhannya. 9. Para teoritis pendukung Teori Uses and Gratification berargumentasi bahwa kebutuhan manusialah yang mempengaruhi bagaimana mereka menggunakan dan merespons saluran media., Saran yang dapat kami berikan berkaitan dengan teori Uses and Gratifications dan Spiral of Silence mengkin akan lebih terfokus pada pengallikasian teori Spiral of Silence dalam kehidupan kita sehari-hari. Spiral of silence ini masih banyak terjadi dikalangan masyarakat, mahasiswa ataupun elemen lainnya yang pada dasarnya ketika kita hidup ..., 20/09/2015  · Pada dasarnya teori Uses and Gratifications ini berbeda dengan teori komunikasi sebelumnya seperti teori Jarum Hipodermik yang mengasumsikan media punya pengaruh yang kuat pada audiensnya. Menurut Severin dan Tankard (1979), upaya pendekatan dari teori Uses and Gratifications adalah untuk menetapkan bahwa fungsi dari media massa untuk melayani audien., Konsep pengharapan audiens yang perhatian (concern) pada karakteristik media dan potensi gratifikasi yang ingin diperoleh merupakan asumsi pokok Uses and Gratification Media mengenai audiens aktif. Jika anggota audiens memilih di antara berbagai alternatif media dan non media sesuai dengan kebutuhan mereka, mereka harus memiliki persepsi tentang alternatif yang memungkinkan untuk …

No comments:

Post a Comment